KISI – KISI ULANGAN KENAIKAN
KELAS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Jenjang
|
:
|
MTs
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/2
|
Pembuat
Kisi-kisi
|
:
|
Topan
Hidayat
|
Nomor
Kontak
|
:
|
081220093921
|
No.
Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas Smt.
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No. Soal
|
1
|
3.7 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian
yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
simplepresenttense)
|
VIII/1
|
Gambar orang melakukan kegiatan
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang kegiatan yang dilakukan secara rutin (SimplePresent bentuk verbal).
|
PG
|
1
|
Gambar orang atau benda
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang keadaan yang terjadi secara rutin seperti
ditunjukkan gambar (SimplePresent
bentuk nominal).
|
PG
|
11
|
|||
Dialog rumpang
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan meminta
informasi tentang kegiatan yang dilakukan secara rutin (SimplePresent bentuk Verbal, Pertanyaan yes/no atau wh-).
|
PG
|
21
|
|||
2
|
4.7 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan / tindakan / kegiatan / kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
VIII/1
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata.
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan pemberian informasi tentang kegiatan yang
dilakukan secara rutin.
|
PG
|
9
|
Perintah menuliskan kalimat
|
Menulis kalimat (masing-masing 2 buah) yang
mengungkapkan pemberian informasi tentang kegiatan yang biasa siswa lakukan:
(a) di rumah
(b) di sekolah
|
Uraian
|
41
|
|||
3
|
3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan
/ tindakan / kegiatan / kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat
diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan presentcontinuoustense)
|
VIII/2
|
Gambar orang melakukan kegiatan
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang kegiatan yang sedang dilakukan di saat berbicara
(PresentContinuous).
|
PG
|
2
|
Dialog rumpang
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan memberi
informasi tentang kejadian yang sedang dilakukan pada saat bicara.
|
PG
|
12
|
|||
Dialog rumpang
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan meminta
informasi tentang kegiatan yang dilakukan pada saat bicara (PresentContinuous, Pertanyaan yes/no atau
wh-).
|
PG
|
22
|
|||
Gambar orang yang sedang melakukan satu kegiatan
|
Diajukan pertanyaan meminta informasi dengan PresentContinuous bentuk
yes/noquestion, siswa dapat menentukan jawaban pendek negatif.
|
PG
|
31
|
|||
Diajukan pertanyaan meminta informasi dengan PresentContinuous bentuk wh- question,
siswa dapat menentukan kegiatan yang tepat sesuai gambar.
|
PG
|
32
|
||||
4
|
4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan / tindakan /
kegiatan /kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
VIII/2
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan pemberian
informasi tentang kegiatan yang sedang terjadi pada saat berbicara (PresentContinuous)
|
PG
|
10
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan permintaan
informasi tentang kegiatan yang sedang terjadi pada saat berbicara (PresentContinuous, pertanyaan wh-).
|
PG
|
29
|
|||
5
|
3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison)
|
VIII/2
|
Gambar binatang, 2 buah
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang perbandingan
lebih (comparative) untuk kata
sifat bagi kedua binatang tersebut.
|
PG
|
3
|
Kalimat tentang usia dua remaja, dua buah
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang perbandingan
sama (posititve) untuk kata
sifat bagi kedua remaja tersebut.
|
PG
|
13
|
|||
Kalimat tentang tinggi 3 benda, 3 buah
|
Diajukan pertanyaan, siswa dapat menentukan
ungkapan memberi informasi tentang perbandingan
tingkat superlative di antara ketiga benda tersebut.
|
PG
|
23
|
|||
Kalimat tentang jumlah. Mis,
- Wina has
threeoranges.
- Hersister has twooranges.
|
Siswa dapat menentukan siapa yang memiliki sesuatu
lebih banyak.
|
PG
|
33
|
|||
Siswa dapat menentukan siapa yang memiliki sesuatu
lebih sedikit.
|
PG
|
34
|
||||
6
|
4.9 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
VIII/2
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan pemberian informasi tentang perbandingan lebih (Comparative) bagi kata sifat.
|
PG
|
19
|
Kalimat tentang harga /ukuran/ bobot dsb. dari
orang atau benda, 3 buah.
|
Siswa dapat menulis kalimat yang mengungkapkan
pemberian informasi tentang perbandingan sifat pada tingkat:
(a) positif,
(b) comparative,
(c) superlative.
|
Uraian
|
43
|
|||
7
|
3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan
/ tindakan / kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak
rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simplepasttense)
|
VIII/2
|
Dialog rumpang
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan meminta
informasi tentang kegiatan yang dilakukan pada waktu lampau (SimplePast bentuk Verbal).
|
PG
|
4
|
Teks rumpang, maksimal 3 kalimat
|
Melengkapi bagian rumpang dengan jenis kata kerja
yang tepat yang menyatakan keadaan di waktu lampau (SimplePast bentuk Nominal).
|
PG
|
14
|
|||
Dialog rumpang
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan memberi
informasi tentang kegiatan yang dilakukan pada waktu lampau (SimplePast bentuk Verbal).
|
PG
|
24
|
|||
Teks rumpang, maksimal 4 kalimat
|
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan memberi
informasi tentang kegiatan yang dilakukan pada waktu lampau (SimplePast bentuk Verbal, negatif).
|
PG
|
35
|
|||
Melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan memberi
informasi tentang kegiatan yang dilakukan pada waktu lampau (SimplePast bentuk Verbal, positif).
|
PG
|
36
|
||||
8
|
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan / tindakan / kegiatan /
kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi
kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
VIII/2
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan pemberian
informasi tentang kejadian yang berlangsung pada waktu lampau (SimplePast bentuk Verbal.
|
PG
|
20
|
Kata-kata acak, maksimal 9 kata
|
Memilih susunan kata yang benar untuk membuat teks
kalimat yang mengungkapkan permintaan
informasi tentang keadaan yang berlangsung pada waktu lampau (SimplePast bentuk Nominal, pertanyaan
yes/no atau wh-).
|
PG
|
30
|
|||
Kalimat acak, maksimal 5 kalimat
|
Memilih susunan kalimat yang runtut, benar, dan
berterima untuk membentuk paragraf yang mengungkapkan pemberian informasi
tentang kegiatan atau keadaan yang terjadi di masa lampau.
|
PG
|
39
|
|||
Perintah menuliskan kalimat
|
Menulis 3 kalimat (a,b, dan c) yang mengungkapkan
pemberian informasi tentang kegiatan/keadaan/tindakan/kejadian yang dilakukan
/terjadi pada masa lampau.
|
Uraian
|
42
|
|||
9
|
4.11.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks recountlisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau (personal recount)
|
VIII/2
|
Teks Personal Recountsangat pendek dan sederhana
|
Menentukan fungsi sosial dari teks Personal
Recount.
|
PG
|
5
|
Menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat
pada teks.
|
PG
|
6
|
||||
Teks Personal Recount sangat pendek dan sederhana
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
15
|
|||
Menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat
pada teks.
|
PG
|
16
|
||||
Teks Personal Recount sangat pendek dan sederhana
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
25
|
|||
Menentukan pikiran utama dari satu paragraf tertentu.
|
PG
|
26
|
||||
Teks Personal Recount sangat pendek dan sederhana
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
37
|
|||
10
|
4.11.2 Menyusun
teks recountlisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau
(personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
VIII/2
|
Perintah menulis teks Personal Recount
|
Menulis teks Recount sangat pendek dan sederhana
tentang pengalaman pribadi siswa sendiri.
|
Uraian
|
45
|
11
|
4.12.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait kegiatan sekolah.
|
VIII/2
|
Teks Pesan Singkat
|
Menentukan fungsi sosial dari teks Pesan Singkat.
|
PG
|
7
|
Menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat
pada teks.
|
PG
|
8
|
||||
Teks Pengumuman
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
17
|
|||
Menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat
pada teks.
|
PG
|
18
|
||||
Teks Pesan Singkat
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
27
|
|||
Menentukan makna kata/frase yang terdapat pada
teks.
|
PG
|
28
|
||||
Teks Pengumuman
|
Menentukan gambaran umum tentang isi teks.
|
PG
|
38
|
|||
12
|
4.12.2 Menyusun
teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman
/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan
sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
VIII/2
|
Kalimat acak, maksimal 4 kalimat
|
Memilih susunan kalimat yang runtut, benar, dan berterima
untuk membentuk teks pengumuman.
|
PG
|
40
|
Perintah menulis teks Pesan Singkat
|
Menulis teks Pesan Singkat sangat pendek dan
sederhana yang berhubungan dengan kegiatan sekolah.
|
Uraian
|
44
|
EmoticonEmoticon